1.
Model
Object Oriented
a.
Objek dan Kelas
-
Objek
Objek
didefinisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti
untuk suatu masalah. Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan
lainnya. Istilah identitas berarti bahwa objek dibedakan oleh sifat yang
melekat dan bukan dengan uraian sifat yang dimilikinya. Contohnya, kembar
identik, walaupun tampak sama, tetapi merupakan dua orang yang berbeda.
Kadang-kadang objek berarti suatu barang, maka digunakan istilah object
instance, dan object class untuk menunjukkan satu grup dari barang yang sama.
-
Kelas
Suatu object
class menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat (atribut)perilaku
umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dan semantik umum. Contoh: Orang,
perusahaan, binatang, proses adalah objek. Setiap orang mempunyai umur, IQ, dan
mungkin pekerjaan. Setiap proses mempunyai pemilik, prioritas, list dari sumber
daya yang dibutuhkan. Objek dan object class sering sama sebagai benda dalam
deskripsi masalah. Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku
(operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup. Kelas Objek
merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek. Objek
mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas. Istilah-istilah Objek , Atribut :
Data item yang menegaskan Objek, Operasi : Fungsi di dalam kelas yang
dikombinasikan kebentuk tingkah laku kelas, Metode : Pelaksanaan prosedur
(badan dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di
dalam sistem).
b. Diagram
Objek
1)
Kelas dan Objek
Sebuah objek
merupakan sebuah entitas yang mencakup data dan metode. Kelas merupakan satu
atau lebih objek dengan persamaan atribut dan metode, sedangkan
kelas-&-objek adalah kelas dengan satu atau lebih objek di dalamnya. Nama
kelas adalah kata benda tunggal, atau kata sifat dan kata benda. Nama dari
kelas-&-objek harus dapat menjelaskan objek tunggal dari suatu kelas.
2.
Struktur
Objek dan Hirarki Kelas
a. Whole-Part
Structure memperlihatkan hirarki dari suatu kelassebagai komponen dari kelas lain yang disebut juga sub objek. Contohnya,
kelas Mobil adalah Whole dan komponennya Mesin, Rangka, dll merupakan Part1,
Part 2, …, Part.
b. Gen-Spec
Structure memperlihatkan kelas sebagai spesialisasi dari kelas di atasnya. Kelas
yang
mempunyai sifat umum disebut Generalization, Superclass atau Topclass. Kelas
yang mempunyai sifat khusus disebut Specialization. Contohnya, kelas Mobil
adalah Generalization, sedangkan Sedan, Truk, Minibus, dll merupakan
Specizlization1, Specialization2, dst
UML (Unified Modeling Language) adalah
metode pemodelan (tools/model) secara visual sebagai sarana untuk merancang dan
atau membuat software berorientasi objek dan memberikan standar penulisan
sebuah sistem untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan
beberapa informasi untuk proses implementasi pengembangan software.
UML
a. Sejarah
UML
Pada Oktober
1994, Dr. James Rumbaugh bergabung dengan Perusahaan Rational sotware, dimana
Grady Booch sudah bekerja disana sebelumnya. Grady Booch mengembangkan Object
Oriented Design (OOD) dan Dr. James Rumbaugh mengembangkan Object Modeling Technique
(OMT). Duet Mereka pada Oktober 1995 menghasilkan Unified Method versi 0.8. Musim
gugur 1995 Dr. Ivar Jacobson ikut pula bergabung dengan duet Rumbaugh-Booch,
dengan memperkenalkan tool use case. Trio tersebut pada bulan Juni 1996
menghasilkan Unified Modeling Language (UML) versi 0.9. Sebelumnya Dr. Ivar
Jacobson mengembangkan Object Oriented Software Engineering (OOSE).
Trio ini
mengembangkan Ratinal Unified Process (RUP). Banyak perusahaan software
merasakan bagaimana pentingnya UML dalam tujuan strategis mereka, sehingga
beberapa perusahaan membentuk sebuah konsorsium yang terdiri
dariperusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Oracle, IBM, Hewlett-Packard,
Intellicorp, I-Logix, DEC, Digital Equipment Corp. texas instrument Konsep
Dasar UML Untuk dapat mememahami UML diperlukan pemahaman entang konsep bahasa
pemodelan dan tiga eleman utama UML.
b. Tiga
elemen utama UML antara lain:
1)
Benda / Things / Objek
Objek
merupakan bagian paling statik dari sebuah model, yang menjelaskan
elemen–elemen lainnya dari sebuah konsep. Bentuk dari beberapa objek :
a) Classes,
sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, dan hubungan yang
semantik
b) Interfaces,
antar-muka yang menghubungkan dan melayani antarkelas dan atau elemen dan
mendefinisikan sebuah kelompok dari spesifikasi pengoperasian.
c) Collaboration,
interaksi dari sebuah kumpulan kelas–kelas atau elemen–elemen yang bekerja
secara bersama–sama.
d) Use
cases, pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah modelserta di realisasikan
oleh sebuah collaboration.
e) Nodes,
bentuk fisik dari elemen–elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system
2)
Hubungan / Relationship
Ada 4 macam
hubungan dalam penggunaan UML, yaitu :
a)
Dependency, hubungan semantik antara dua
objek yang mana sebuah objek berubah mengakibatkan objek satunya akan berubah
pula.
b)
Association, hubungan antar benda secara
struktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek.
c)
Generalizations, hubungan khusus dalam
objek anak yang menggantikan objek induk dan memberikan pengaruhnya dalam hal
struktur dan tingkah lakunya kepada objek induk
d) Realizations,
hubungan semantik antarpengelompokkan yang menjamin adanya ikatan diantaranya
yang diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use
cases dan collaborations.
3)
Bagan atau Diagrams
Diagram adalah
yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model.
UML mempunyai 9 diagram, yaitu:
a)
Diagram Use Case, menggambarkan apa saja
aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar. Diagram
Use Case berguna dalam tiga hal :
-
Menjelaskan fasilitas yang ada
(requirements)
-
Komunikas dengan klien
-
Membuat test dari kasus – kasus secara
umum
b)
Diagram Class, memberikan pandangan
secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas–kelasnya dan hubungan mereka.
Diagram Class mempunyai 3 macam relationalships (hubungan), sebagai berikut :
-
Association, suatu hubungan antara
bagian dari dua kelas yang terjadi jika salah satu bagian dari kelas mengetahui kelas yang lain
dalam melakukan suatu kegiatan..
-
Aggregation, hubungan association dimana
salah satu kelasnya merupakan bagian dari suatu kumpulan dan memiliki titik
pusat yang mencakup keseluruhan bagian.
-
Generalization, hubungan turunan dengan
mengasumsikan satu kelas merupakan suatu kelas super dari kelas yang lain.
c)
Diagram Package dan Object, merupakan
kumpulan elemen–elemen logika UML yang bertujuan untuk mengelompokkan Diagram
class yang lebih kompleks.
d) Diagram
Sequence, merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana
suatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu.
e)
Diagram Collaboration juga merupakan
diagram Interaction berfungsi membawa informasi yang sama dengan diagram Sequence,
tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan padakegiatan obyek dari waktu
informasi itu dikirimkan dan bukan pada waktu penyampaian message.
Tujuan: Membuat
collaboration diagram, Membuat link (relasi) antar obyek, Menambah message
(pesan) pada link, Memetakan message pada operasi, Buat collaboration diagram
dari sequence diagram dan sebaliknya
f)
Statechart diagram menggambarkan
transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek
pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram
menggambarkan class tertentu (satu class dapat memilikilebih dari satu
statechart diagram). Diagram StateChart merupakan indikator yang menunjukan kemungkinan
dari keadaan obyek dan proses yang menyebabkan perubahan pada keadaannya.
g)
Diagram Activity, menunjukkan bagaimana
aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu sama lain dan berfokus pada aktifitas
– aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal. menggambarkan
berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana
masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka
berakhir
h)
Diagram Component adalah sebuah
kode–kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari diagram Class. Component
diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak,
termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.
i)
Diagram Deployment menerangkan bahwa
konfigurasi fisik software dan hardware. Deployment/physical diagram
menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem,
dimana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa),
bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan
hal-hal lain yang bersifat fisikal
3.
Pedoman
Pemodelan Object Oriented
a)
Menentukan kelas dan objek
b)
Menentukan struktur objek dan hirarki
kelas
c)
Menentukan subjek
d)
Menentukan atribut
e)
Menentukan metoda
f)
Menentukan message About these ads
Tidak ada komentar:
Posting Komentar